INFO

LPPD DESA PANDEAN REMBANG TAHUN 2018

28 Desember 2018 S Nur Laporan Desa Dibaca 551 Kali

KATA PENGANTAR

 Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga kami dapat menyelesaikan Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun 2018. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun 2018, ini merupakan bahan evaluasi dan tolok ukur dalam menentukan Rencana Kegiatan Tindak Lanjut, bagi Desa Pandean khususnya dan pada umumnya sebagai bahan kebijakan Pemerintah Kabupaten Rembang dalam menentukan program dan kegiatan pada Tahun Anggaran berikutnya. Dalam penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) ini, kami telah berusaha semaksimal mungkin, terkait dengan proses Penyelenggaraan Pemerintahan dan atau penyelenggaraan pelayanan terhadap masyarakat di Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang pada tahun 2018, baik di bidang pelayanan administrasi, pembangunan fisik maupun bidang pembangunan non fisik. Kamipun menyadari bahwa pada prakteknya dalam proses pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan target yang ditentukan dalam RPJM Desa dan RKPDesa, kami banyak menghadapi kendala, sehingga hasil yang dicapai masih jauh dari sempurna. Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan kami yang masih banyak membutuhkan arahan bimbingan serta pembinaan dari pihak terkait. Dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) yang kami sampaikan masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami membutuhkan koreksi, arahan dan kebijakan inovatif yang pada Tahun Anggaran berikutnya akan membimbing kami pada perubahan yang positif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan atau penyelenggaraan pelayanan terhadap masyarakat, menuju Desa Pandean yang bermartabat, berbudi luhur dan akhirnya menuju Desa yang mandiri.

                                                                                                                                                                 Kepala Desa Pandean

 

                                                                                                                                                         TRI ENDANG WAHYUNINGSIH

 

DAFTAR ISI

SAMPUL

PENGANTAR

DAFTAR ISI

  1. PENDAHULUAN
  2. TUJUAN 
  3. VISI MISI 
  4. STRATEGI DAN KEBIJAKAN 
  5. PROGRAM KERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA 
  • PROGRAM KERJA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN 
  1. PROGRAM KERJA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 
  2. PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA 
  3. PERATURAN DESA TENTANG ANGGARAN PENDAPATANDANBELANJA DESA TAHUN ANGGARAN 2018 
  4. PERTANGGUNGJAWABANPELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESATAHUN ANGGARAN 2018
  5. KEBERHASILAN, PERMASALAHAN DAN SOLUSI 
  • PENUTUP
  1. KESIMPULAN 
  2. SARAN 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

  1. RincianPerubahan Anggaran Pendapatandan Belanja Desa Tahun 2018 (Format A)
  2. Rincian Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2018 (Form. B)
  3. Rincian KegiatanBidangPenyelenggaraanPemerintahan (Format C.1)
  4. RincianKegiatanBidangPelaksanaan Pembangunan (Format C.2)
  5. RincianKegiatanBidangKemasyarakatan (Format C.3)
  6. RincianKegiatanBidangPemberdayaanMasyarakat (Format4 )
  7. LaporanRekapitulasiJumlahPendudukpadaakhirbulanDesember 2018

(Format C.5)

LAPORAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA

 LAPORAN AKHIR TAHUN ANGGARAN 2018

 

  1. PENDAHULUAN

 

1.Tujuan penyusunan laporan

Penyusunan LPPD Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang  tahun 2018 ini dengan berpedoman kepada Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 46  tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa. Laporan Kepala Desa adalah proses kegiatan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa oleh Kepala Desa kepada Bupati/Walikota melalui Camat. Meliputi Program Kerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Program Kerja Pelaksanaan Pembangunan, Program Kerja Pembinaan Kemasyarakatan, Program Kerja Pemberdayaan Masyarakat, Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa  dan Keberhasilan yang di capai.

 

2.Visi dan misi penyelenggaraan pemerintahan desa

    “Terwujudnya Desa Pandean  Yang Maju,

    Bangkit, Sehat dan  Sejahtera  ”

 

        Penjelasan unsur-unsur  visi diatas adalah sebagai berikut:

  1. Pandean yang Maju, Desa Pandean Kecamatan Rembang memiliki sarana prasarana yang memadai dengan tingkat pelayanan publik yang memuaskan, didukung oleh sistem pemerintahan desa daerah yang partisipatif, transparan, akuntabel dan demokratis, ditopang oleh teknologi dan informasi .
  2. Pandean bangkit, adalah desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang memiliki petensi perikanan dan sumber daya manusia yang dapat meningkatkan proporsi pendapatan asli desa yang semakin besar dan terwujudnya peningkatan ekonomi nelayan, dan bangkitnya masyarakat pandean dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.
  3. Pandean yang Sehat, adalah kondisi masyarakat yang sehat jasmani dan rokhani, sehingga mampu beraktifitas dan bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang cukup, tanpa dibayang bayangi penyakit yang diderita masyarakat. Sehat tersebut selain manusianya juga sehat lingkungannya.
  4. Pandean yang Sejahtera, adalah kondisi  masyarakat desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang  yang bahagia baik lahir maupun batin. Kebahagian lahir ditunjukkan oleh dengan terpenuhinya kebutuhan 
  5. sandang, pangan dan papan ( perumahan ) yang layak , tingginya tingkat pendapatan per kapita, meningkatnya derajat kesehatan.  Sedangkan kebahagiaan batin yang dimaksudkan adalah tingginya religiusitas atau penghayatan terhadap agama dan kerpecayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, terjaminnya kebebasan menjalankan ibadah sesuai keyakinan , terwujudnya ketenteraman dalam kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat.

        Misi

      Dalam rangka mencapai visi seperti tersebut diatas, dirumuskan sejumlah misi sebagai berikut:

 

  1. Meningkatkan pembangunan infrastruktur pelayanan publik yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan desa/lingkungan, jembatan , serta infrastruktur strategis lainnya.
  2. Meningkatkan mutu dan akses pelayanan kesehatan dasa, mendorong peningkatan derajat kesehatan, pemberdayaan Posyandu, agar  masyarakat dapat hidup sehat  dan memiliki harapan hidup yang lebih panjang.
  3. Meningkatkan mutu, akses dan relevansi pendidikan sejak dini mulai dari jenjang PAUD , Pendidikan dasar sampai dengan jenjang menengah dan pendidikan tinggi untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia .Memacu pertumbuhan investasi dalam rangka menghidupkan dan meningkatkan perkembangan sektor riil dan peningkatan kesempatan kerja.
  4. Meningkatkan akses UMKM terhadap sumber permodalan dan menciptakan iklim usaha yang kondusif.
  5. Meningkatnya perekonomian masyarakat.
  6. Meningkatkan pendapatan asli desa  terutama dari sumber-sumber pendapatan non konvensional dan tidak membebani masyarakat.
  7. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan aparatur yang profesional, terampil, Jujur, berbudi pekerti luhur dan religius.
  8. Mengimplementasikan pembangunan yang selalu mengikuti perkembangan dan perubahan situasi serta kondisi lokal, nasional dan global.
  9. Meningkatkan partisipasipasi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan
  10. Meningkatkan fungsi kelembagaan mulai dari RT, RW, LPMD, BPD, pemerintah desa, Organisasi Pemuda, Organisasi sosial masyarakat,
  11. Meningkatnya kwalitas pelayanan publik

3.Strategi dan kebijakan

 

                   Arah Kebijakan Pemerintah desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang tahun 2018-2020 , berdasarkan berbagai isu strategis, maka arah kebijakan Pemerintah dasa sebagaimana tertuang dalam visi dan misi RPJM Desa Pandean dalam pelaksanaannya harus memperhatikan  kewenangan yang dimiliki desa berdasarkan PP 43 Tahun 2014  yang meliputi :

  1. Kewenangan berdasarkan hak asal usul;
  2. Kewenangan lokal berskala Desa;
    1. Pengelolaan tambatan perahu;
    2. Pengelolaan lingkungan permukiman masyarakat Desa;
    3. Pembinaan kesehatan masyarakat dan pengelolaan pos pelayanan terpadu;
    4. Pengembangan dan pembinaan belajar mengajar;
    5. Pengelolaan air minum berskala Desa; dan
    6. Pembuatan jalan Desa antarpermukiman.
  3. Kewenangan yang ditugaskan oleh Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, atau pemerintah daerah kabupaten/kota; dan
  4. Kewenangan lain yang ditugaskan oleh Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, atau pemerintah daerah kabupaten/kota sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku
  5. Mewujudkan SDM yang berkwalitas
  6. Mewujudkan pembangunan infrastruktur pelayanan publik  yang mendukung perekonomian desa, seperti jalan desa/lingkungan
  7. Mewujudkan akses pelayanan kesehatan dasar peningkatan derajat kesehatan masyarakat , pemberdayaan Posyandu,  peningkatkan angka harapan hidup .
  8. Mewujudkan akses pendidikan sejak dini mulai dari jenjang PAUD , TK/RA, Pendidikan dasar sampai dengan jenjang menengah dan pendidikan tinggi untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia .Memacu pertumbuhan investasi dalam rangka menghidupkan dan meningkatkan perkembangan sektor riil dan peningkatan kesempatan kerja.
  9. Mewujudkan perekonomian masyarakat yang maju dan berdaya saing
  10. Mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan serta pengembangan potensi desa   melaui pembentukan Bumdes
  11. Mewujudkan ketahanan pangan
  12. Mewujudkan proporsi peningkatan pendapatan asli desa  terutama dari sumber-sumber pendapatan non konvensional dan tidak membebani masyarakat.
  13. Mewujudkan kualitas sumberdaya manusia dan aparatur yang profesional, terampil, Jujur, berbudi pekerti luhur dan religius.
  14. Mewujudkan akses jaringan partnership dengan pihak lain serta mampu mengikuti perkembangan dan perubahan situasi lokal, nasional dan global.
  15. Mewujudkan optimalisasi sinergitas kelembagaan di desa ,  mulai dari RT, RW, LPMD, BPD, pemerintah desa,  Organisasi Pemuda, Organisasi sosial masyarakat,
  16. Mewujudkan kwalitas pelayanan publik yang representatif
  17. Mewujudkan Partisipasi dan mendorong kemandirian desa
  18. Mewujudkan Kehidupan Demokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan desa yang baik
  19. PROGRAM KERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA 

 

Program Kerja Penyelenggaraan Pemerintahan Desa berdasarkan RKPDesa sebagai berikut :

 

  1. Penghasilan tetap dan tunjangan Kepala desa dan perangkat
  2. Tunjangan BPD
  3. Tunjangan Kesehatan
  4. Operasional Perkantoran
  5. Operasional BPD
  6. Operasional Rt dan Rw
  7. Operasional PKK
  8. Operasional LPMD
  9. Operasional Karang Taruna
  10. Operasional Linmas

 

  • PROGRAM KERJA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN

Program Kerja Pelaksanaan Pembangunan Desa berdasarkan RKPDesa sebagai berikut :

  1. Pembangunan Jalan Aspal antara rt 2/2 dan 1/3
  2. Pembangunan Jalan Beton RT 2 Rw 3
  3. Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni 13 Rumah
  4. Rembangunan Sarana Komunikasi (Mekanik 3 Rt)
  5. Pembangunan POLINDES Rt 03 Rw 02
  6. Pembangunan Pencegah Abrasi Rt 03 Rw 01

 

  1. PROGRAM KERJA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

 

Program Kerja Pemberdayaan Masyarakat Desa berdasarkan RKPDesa sebagai berikut:

 

  1. KEGIATAN PELATIHAN KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA
  2. KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS LEMBAGA MASYARAKAT DESA
  3. PENAMBAHAN MODAL BUMDES
  4. KEGIATAN PELATIHAN KELOMPOK NELAYAN
  5. KEGIATAN PEMBERDAYAAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
  6. KEGIATAN BANTUAN INSENTIF GURU POS PAUD
  7. KEGIATAN BANTUAN INSENTIF GURU TAMAN BELAJAR KEAGAMAAN
  8. KEGIATAN PEMBERDAYAAN POSYANDU, UP2K, BKB,PPKBD
  9. KEGIATAN PENYELENGGARAAN PROMOSI KESEHATAN DAN GERAKAN BERSIH HIDUP SEHAT
  10. KEGIATAN PENINGKATAN GIZI ANAK,LANSIA
  11. KEGIATAN BANTUAN INSENTIF KADER KESEHATAN
  12. KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK PERLINDUNGAN ANAK DESA DAN FORUM ANAK DESA
  13. KEGIATAN PEMBERDAYAAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
  14. KEGIATAN PENINGKATAN KUALITAS PERENCANAAN DESA
  15. KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PARALEGAL BAGI MASYARAKAT
  16. KEGIATAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN DESA
  17. KEGIATAN PELATIHAN KADER TEHNIS
  18. KEGIATAN PELATIHAN PENGELOLAAN ASET DESA
  19. KEGIATAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA
  20. KEGIATAN PENGELOLAAN SID
  21. KEGIATAN PENGELOLAAN SISKEUSDES
  22. KEGIATAN PENGELOLAAN POTENSI DAN ASET DESA
  23. KEGIATAN PELATIHAN SLRT-MPM

 

  1. PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA

 

  1. PERATURAN DESA TENTANG ANGGARAN PENDAPATANDANBELANJADESA TAHUN ANGGARAN 2018 

 

Pelaksanaan Aggaran Pendapatan dan Belanja Desa telah ditetapkan dengan Peraturan Desa Pandean  Nomor 4 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018, sebagaimana telah dirubah Peraturan Desa Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Pandean  Tahun Anggaran 2018, dengan rincian

terlampir pada Format A Perubahan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018

 

  1. PERTANGGUNGJAWABANPELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESATAHUN ANGGARAN 2018

 

Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. Pemerintah   Desa Pandean Tahun Anggaran 2018

            dengan rincian terlampir pada Format B Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Pemerintah Desa Pandean Tahun Anggaran 2018

 

VI.         KEBERHASILAN, PERMASALAHAN DAN  SOLUSI

 

Adapun keberhasilan dan permasalahan serta solusi yang mucul dalampenyelenggaraan pemerintahan di Desa Pandean, dapat diurai dalam table dibawa ini :

 

NO

BIDANG

KEBERHASILAN YANG DICAPAI

SOLUSI/USAHA YANG DITEMPUH

SOLUSI/USAHA YANG DITEMPUH

1.

 

BIDANG PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DESA

1.Pengelolaan dan Administrasi Desa

2. Peningkatan Realisasi PBB

3. Penataan dan Perencanaan Pembangunan

1. Kurangnya perangkat Desa

 

2.Minimnya kesadaran masyarakat dalam pembayaran PBB

1.Membutuhkan pembinaan yang berkelanjutan

2. Pentingnya sosialisasi dalam pembayaran PBB

2.

BIDANG PELAKSANAN PEMBANGUNAN

 

DESA

Terbangunya sarana Prasarana Kantor Desa, penataan

 

lingkungan yang baik dan peningkatan pendidikan Pos PAUD

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam

 

pembersihan gorong-gorong

Dilaksanakannya Kerja Bakti atau Gotong Royong

 

Seluruh

Masyarakat

 

3.

 

BIDANG PEMBINAAN MASYARAKAT

 

1.Penataan Pos Keamanan

2.Terciptanya keindahan dan kebersihan lngkungan

3.Meningkatnya Pemahaman agama

4.Meningkatnya kesejahteraan Kader Pos Yandu

5. Terciptanya (SDM) perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa

 

1.Pemanfaatan Pos Keamanan yang belum maksimal.

2. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam kebersihan lingkungan

 

 

1.Penertiban Pemanfaatan Pos Keamanan

 

2.Gerakan Bersih Sehat

3. Pembinaan kader Pos Yandu yang berkelanjutan

 

 

4.

BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

1.Terwujutnya Keindahan kantor desa dan lancarnya kegiatan pelayanan.

2.Meningkatnya SDM masyarakat setelah adanya pelatihan-pelatihan

3.Meningkatnya Ekonomi Masyarakat

1.Perlu pembinaan petugas kebersihan

2.Masih dibutuhkan Pelatihan untuk peningkatan SDM

3. Masih kurangnya pelatihan untuk peningkatan ekonomi

1.Pembinaan dan perhatian khusus bagi petugas kebersihan

2.Membutuhkan pelatihan dan peningkatan yang berlanjut

3.Pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan ekonomi

 

  • PENUTUP
  1. KESIMPULAN

Mengacu pada Premendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa,pada pasal 3 poin 1

“Laporan penyelenggaraan pemerintah Desa Akhir Tahun Anggaran disampaikan oleh kepala Desa kepada Bupati/walikota melalui camat secara tertulis paling lambat 3 (tiga) bulan setelahg berakhirnya tahun anggaran”.

Laporan dan Pertanggungjawaban adalah babakan terakhir dalam siklus Pengeloalaan Keuangan Desa. Maka kami menyampaikan hal-hal pokok simpulan sebagaimana terurai dalam laporan ini :

  1. Dasar Hukum Pelaporan Pertanggungjawaban Akhir Tahun.
  2. Tahapan perencanaan yang merujuk pada RKP Desa Desa Pandean
  3. Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Program kegiatan Desa Pandean tahunanggaran 2018 berdasarkan APB Desa
  4. Capaian keberhasilan, masalah dan penyelsesaian masalah yang terjadi di Desa

 

A.        UCAPAN TERIMAKASIH 

 

Tak lupa kami sampaikan banyak terimakasih unsur yang terlibat membantu dalam penyelesaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pandean Akhir Tahun Anggaran 2018. Baik dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Rembang, Perangkat Desa Pandean

 

B.           SARAN

 

  1. Seiring dengan keinginan pemerintah dalam hal ini mentri Desa dan mentrikeuangan, menginginkan Desa cermat dan cepat dalam penyerapan Oleh karena itu kami menyarankan agar pemerintah kabupatentidak lambat dalam hal penetapan pagu anggaran, agar Desa bisa cepatmenyelesaikan perancangan pembangunan untuk tahun berikutnya.
  2. Pada tahun ini program perencanaan kami terealisasi 100%, itu meskipun adanya keterlambatan pencairan.
  3. Demi kelancaran Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa sebagaimana diatur Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa, maka kami dari pemerintah Desa menyarankan agar Kabupaten / Dinasterkait untuk meningkatkan kapasitas aparat Desa, terkhusus pengelolaan keuangan dan Tim Penyusun LPPD di Desa.

 

Demikian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran 2018 ini dibuat sebagai bahan seperlunya.

 

 

                                                 Pandean,  25 Pebruari  2019

 

                                                 KEPALA DESA PANDEAN

 

 

 

 

                                             TRI ENDANG WAHYUNINGSIH

 

C.1 Format Rincian Kegiatan  Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan

 

No

Sub Bidang

Kegiatan

Banyaknya/Jumlah

1

Peraturan Perundang-undangan

 

a. Peraturan Desa

 

6

 

 

b. Peraturan Bersama Kepala Desa

0

 

 

c. Peraturan Kepala Desa

0

 

 

d. Keputusan Kepala

27

2

Kependudukan

a. Jumlah Penduduk:

1) Laki-laki

2) Perempuan

3) Jumlah Kepala Keluarga

4) Jumlah Anggota Keluarga

5) Jumlah Jiwa

 

1.004

1.088

  699

 

2.092

 

 

b. Jumlah Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan:

1) Pendidikan Umum

2) Pendidikan Khusus

711

3

 

 

Jumlah Penduduk Menurut Mata Pencaharian:

1) PNS

2) TNI

3) Swasta

 

92

14

393

3

Pertanahan

a. Status Tanah:

1) Sertifikat Hak Milik

2) Sertifikat Hak Guna Usaha

3) Sertifikat Hak Paka

 

 

 

b. Luas Tanah:

1) Bersertifikat

2) Belum Bersertifikat

3) Tanah Kas Desa

 

 

 

 

 

c. Peruntukan:

1) Jalan

2) Tanah Ladang

3) Bangunan Umum

4) Perumahan

5) Ruang Fasilitas Umum

 

 

 

 

 

d. Tanah yang Belum Dikelola

1) Hutan

2) Rawa-rawa

 

0

0

4

Manajemen Pemerintahan

a. Jumlah Aparat Pemerintahan Desa

1) PNS

2) Non PNS

 

0

6

 

 

b. Jumlah Anggota BPD

c. Musyawarah Desa

d. Musrengbangdes

e. Musyawarah BPD

7

8

      4

     12

5

Ketentraman dan Ketertiban.

a. Pembinaan Hansip

    1) Jumlah Anggota

    2) Alat Pemadam        kebakaran

    3) Jumlah Hansip Terlatih

b. Ketentraman dan Ketertiban:

1) Jumlah Kejadian kriminal

2) Jumlah Bencana Alam

3) Jumlah Operasi Penertiban

4) Jumlah Pos Keamanan

5) Jumlah Kecelakaan Remaja

 

45

2

 

3

 

0

0

2

9

8

      0

6

Pembinaan lembagaan Kemasyarakatan.

a. Jenis Lembaga Kemasyarakatan:

1) Rt/Rw – Ada/Tidak

2) PKK – Ada/Tidak

3) Karang Taruna – Ada/Tidak 4) Pos Pelayanan Terpadu – Ada/Tidak

5) LPM – Ada/Tidak

 

 

10/3 Ada

10/1 Ada

1/ Ada

1/Tidak

Ada

0/Tidak

 

 

b. Lembaga kemasyarakatan membantu pemerintah Desa dalam penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat - Ya/Tidak

 

 

 

 

Ya

 

 

c. Lembaga kemasyarakatan sebagai wadah partisipasi masyarakat dan sebagai mitra Pemerintah Desa - Ya/Tidak

 

Ya

 

 

 

 

 

 

d. Lembaga Kemasyarakatan diikut sertakan dalam pelaksanaan program sektor dan program Pemerintah Daerah - Ya/Tidak

 

 

Ya

 

 

e. Lembaga Adat – Ada

Ada

 

 

Lembaga adat dibentuk dengan peraturan Desa terpisah dengan lembaga kemasyarakatan – Ya/Tidak

 

Ya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.2 Format Rincian Bidang Pelaksanaan Pembangunan

 

 

NO

 

Sub Bidang

 

Kegiatan

Jumlah/ada/tidak ada

Ya/Tidak

1.

Sarana dan Prasarana

a. Jalan Desa (Km)

b. Jalan Kabupaten/Kota (Km)

c. Jalan Provinsi (Km)

d. Jalan Negara (Km)

e. Jembatan (Buah)

f. Kantor Kepala Desa (Ada/Tidak)

2840 km /tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

1/ada

2.

Pembangunan Pendidikan

a. Tempat Pendidikan. Pendidikan Umum

1). Kelompok Bermain (Jumlah)

2). Taman Kanak-Kanak (Jumlah)

3). Sekolah Dasar (Jumlah)

4). Sekolah Menengah (Jumlah)

5). Akademi (Jumlah)

6). Institut/Sekolah Tinggi (Jumlah)

b. Tempat Pendidikan Khusus

1). Pendidikan Pesantren (Jumlah)

2). Madrasah (Jumlah)

3). Sekolah Luar Biasa (Jumlah)

4). Balai Latihan Kerja (Jumlah)

5). Kursus-Kursus (Jumlah)

3/ ada

 

1/ ada

0/tidak ada

0/tidak ada

1/ada

0/tidak ada

1/ada

 

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

3.

Pembangunan Kesehatan

a. Rumah Sakit Umum Pemerintah (Jumlah)

b. Rumah Sakit Umum Swasta (Jumlah)

c. Rumah Sakit Kusta (Jumlah)

d. Rumah sakit Mata (Jumlah)

e. Rumah Sakit Jiwa (Jumlah)

f. Rumah Sakit Bersalin (Jumlah)

g. Rumah Bidan (Jumlah)

h. Puskesmas (Jumlah)

i. Apotik (Jumlah)

0/tidak ada

 

0/tidak ada

 

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

1/ada

0/tidak ada

0/tidak ada

4.

Pembangunan Sosial Budaya dan Keagamaan

a. Sarana Olahraga:

1). Lapangan Umum (Jumlah)

2). Lapangan Khusus (Jumlah)

b. Sarana Keseninan/Kebudayaan:       

 1). Gelanggang Remaja (Jumlah)

2). Gedung Kesenian (Jumlah)

3). Gedung Teater (Jumlah)

4). Gedung Bioskop (Jumlah)

c. Sarana Sosial:

1). Panti Asuhan (Jumlah)

2). Panti Pijat Tunanerta (Jumlah)

3). Panti Wordo (Jumlah)

4). Panti Jompo (Jumlah)

d. Sarana Komunikasi:

1). Radio Komunitas (Jumlah)

2). Papan Pengumuman (Jumlah)

 

1/ada

1/ada

 

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

0/tidak ada

 

0/tidak ada

0/tidak ada

1/ada

0/tidak ada

 

1/ ada

4/tidak ada

5

Pembangunan Lingkungan Hidup dan Pemukimanq

a. Pembangunan Perumahan Rakyat/Pengembangan (Jumlah)

b. Industri Besar (Jumlah)

c. Industri Sedang (Jumlah)

d. Industri Rumah Tangga (Jumlah) e. Tempat Rekreasi (Jumlah)

f. Hotel (Jumlah)

g. Restoran/Rumah Makan (Jumlah)

h. Saluran Irigasi (Jumlah)

23/ada

 

0/tidak ada

0/tidak ada

3/ada

0/tidak ada

1/ ada

2/ ada

 

0/tidak ada

 

 

C.3 Format Rincian Bidang Kemasyarakatan

 

No

Sub Bidang

Kegiatan

Jumlah/ada/tidak ada

Ya/Tidak

1

Sosialisasi Produk Hukum Desa

a. Sosialisasi Kebijakan Pemerintah tentang Desa:

1) Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Berapa Kali)

 

 

2/ada

 

1/Ada

 

 

2) Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 (Berapa Kali)

 

 

1/ ada

 

 

3) Peraturan Menteri mengenai Desa (Berapa Kali)

 

1/ada

 

 

b. Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah

 

 

 

   1) Sosialisasi Peraturan Daerah  Tentang Desa (Berapa Kali)

 

0/tidak ada

 

 

   2) Sosialisasi Peraturan Bupati/Walikota Tentang Desa (Berapa Kali)

 

3/ada

 

 

c. Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Desa

 

 

 

1) Sosialisasi Peraturan Desa (Berapa kali)

 

1/ada

 

 

2) Sosialisasi Peraturan Kepala Desa

 

5/ada

 

 

3) Sosialisasi Peraturan Bersama Kepala Desa (Berapa Kali)

 

0/tidak ada

2.

Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Masyarakat

a. Sosialisasi mengenai kerukunan hidup beragama (Berapa Kali)

 

10/ada

 

 

b. Masyarakat menyampaikan informasi kepada Pemerintah Desa (Ada/Tidak)

 

Ada

 

 

c. Masyarakat memperoleh pelayanan dan informasi yang adil (Ada/Tidak)

 

Ada

 

 

d. Masyarakat mendapatkan perlindungan dari gangguan keamanan dan ketertiban (Ya/Tidak)

 

 

Ada

 

 

e. Masyarakat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di Desa (Ya/ Tidak)

 

Ya

3.

Sosial Budaya Masyarakat

a.Sosialisasi mengenai kerukunan hidup beragama (Berapa Kali)

 

2 Kali

 

 

b. Sosialisasi mengenai pengembangan olah raga dan kesenian (Berapa Kali)

 

 

3 Kali

 

 

c. Sosialisasi mengenai ketentraman dan ketertiban masyarakat (Berapa Kali)

 

 

13 Kali

 

 

d. Sosialisasi mengenai Lingkungan hidup (Berapa Kali)

 

     13 Kali

 

 

e. Sosialisasi mengenai bahaya narkoba dan kriminal (Berapa Kali)

 

3/ada

 

 

f. Sosialisasi mengenai Ketenagakerjaan (Berapa Kali)

 

1/ada

4.

Sosial Keagamaan

a.Majelis Taklim (Jumlah)

         10

 

 

b.Majelis Gereja (Jumlah)

         1

 

 

c.Majelis Budha (Jumlah)

0

 

 

d.Majelis Hindu (Jumlah)

0

 

 

e.Remaja Masjid (Jumlah)

0

 

 

f.Remaja Gereja (Jumlah)

0

 

 

g.Remaja Budha (Jumlah)

0

 

 

h. Remaja Hindu (Jumlah)

0

5.

Ketenagakerjaan

a.Penyalur pembantu rumah tangga (Jumlah)

0/tdak ada

 

 

b. Penampung Pekerja ke luar negeri (Jumlah)

0/tidak ada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.4 Format Rincian Bidang Pemberdayaan Masyarakat

 

 

 

No

 

Sub Bidang

 

Kegiatan

Jumlah/ada/tidak ada

Ya/Tidak

1

Sosialisasi dan motivasi masyarakat

a. Bidang Sosial Budaya (Berapa Kali)

10/ada

 

 

b. Bidang Ekonomi (Berapa Kali)

13/ada

 

 

c. Bidang Politik (Berapa Kali)

15/ada

 

 

d. Bidang lingkungan hidup (Berapa Kali)

     15/ada

2

Pemberdayaan Masyarakat

a. Pemberdayaan Keluarga (Berapa Kali)

13/ada

 

 

b. Pemberdayaan Pemuda (Berapa Kali)

3/ada

 

 

c. Pemberdayaan Olah raga (Berapa Kali)

13/ada

 

 

d. Pemberdayaan Karang taruna (Berapa Kali)

2/ada

3

Penggalangan Partisipasi Masyarakat

a. Bidang Pendidikan (Berapa Kali)

13/ada

 

 

b. Bidang Kesehatan (Berapa Kali)

20/ada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.5  Format Rekapitulasi Laporan Rekapitulasi Jumlah Penduduk Pada akhir Bulan Desember 2018

 

 

 

DESA

RT/

RW

TAHUN 2018 (tahun ini)

KET

L

P

Jml

Pandean

01/01

63

84

146

 

Pandean

02/01

79

81

158

 

Pandean

03/01

140

169

307

 

Pandean

04/01

87

94

179

 

Pandean

01/02

67

75

142

 

Pandean

02/02

145

148

292

 

Pandean

03/02

92

84

176

 

Pandean

01/03

82

92

171

 

Pandean

02/03

105

111

215

 

Pandean

03/03

147

150

296

 

JUMLAH

1004

1088

2092

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar